aktivitas yang terjadi di matahari

berikut ini aktivitas yang terjadi di pada matahari

1.flare  Matahari adalah ledakan dasyat di Matahari akibat terbukanya salah satu kumparan medan magnet di permukaan Matahari. Setelah ledakan, hanya dalam hitungan beberapa menit terjadilah pemanasan materi sampai beberapa juta derajat yang kemudian melepaskan partikel berenergi tinggi dan radiasi elektromagnet pada panjang gelombang sinar-x dan sinar gamma.

Ledakan yang terjadi di Matahari tersebut diklasifikasikan dalam beberapa kelas berdasarkan kecerlangannya pada panjang gelombang sinar-x antara 1 – 8 Angstroms. Setidaknya ada 3 klasifikasi utama dalam flare Matahari yakni :

  1. Flare kelas X, merupakan klasifikasi untuk ledakan yang paling besar dan dasyat yang terjadi di Matahari. Ledakan kelas ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada jaringan listrik karena transformator dalam jaringan listrik akan mengalami kelebihan muatan, gangguan telekomunikasi (merusak satelit, menyebabkan black-out frekuensi HF radio, dll), navigasi, menyebabkan korosi pada jaringan pipa bawah tanah dan terjadinya badai radiasi yang panjang di lapisan teratas atmosfer.
  2. Flare kelas-M, merupakan ledakan kelas menengah yang kekuatannya 1/10 dari energi fluks flare kelas X. Biasanya flare di kelas ini hanya meyebabkan terjadinya pemadaman (blackout) singkat pada frekuensi radio khususnya untuk area kutub dan badai radiasi yang minor.
  3. Flare kelas-C, jika dibandingkan dengan kelas M dan X, kelas C jelas merupakan flare yang terhitung berskala kecil dan hampir tidak memiliki akibat pada Bumi. Kekuatannya 1/10 energi fluks flare kelas M.

ini adalah gambar flare

gambar..http://nationalgeographic.co.id


2.sunspot adalah bintik di matahari

sunspot dalam arti kata berarti titik matahari.
seperti kata tersebut berarti di matahari terdapat titik titik hitam . ukuran dari sunspot ini sangat besar kurang lebih 3 kali besar bumi.
ini terjadi karena terdapat kegiatan magnetis yang mempengaruhi permukaan matahari tersebut. suhu di daerah gelap tersebut (sunspot) berkisar antara 3500-4000 derajat celsius, jauh dari suhu normal yaitu 6000 derajat celsius. pengaruh dari sunspot ini sangat terasa di bumi , terkadang cuaca bumi terpengaruhi oleh adanya sunspot beserta sifat magnetisnya.

gambar..http://images.nationalgeographic.com

3.badai matahari adalah api dari matahari

4.prominensa adalah lidah api matahari seperti gambar di bawah lidah api itu berbentuk lingkaran

gambar..http://3.bp.blogspot.com

gambar..http://3.bp.blogspot.com

sumber:http://langitselatan.com/2010/08/08/klasifikasi-flare-matahari/

sumbe:https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081117065806AAUpa1k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.