Tugas eksplorasi 08

Pada tantangan ini saya ditugaskan untuk menyatukan semua artikel kelompok saya yang mengenai tempe.

Biasanya tempe dibuat dalam 2-3 hari.                                                                   Pertama-tama mereka merebus atau mengkukus kedelainya, sebelum itu mereka sudah mengupas kulit kedelainya memakai mesin giling setelah itu dimasuukan ke dalam tong lalu direndam semalaman, paginya di cuci bilas dan dikasih ragi dan masukkan kedalam cetakan biasanya berbentuk persegi panjang lalu yang terakhir dijemur supaya hangat dan tumbuh jamurnya.

Dalam postingan Naufal dia mengatakan bahwa tempe lebih bagus kalau dimakan mentah tapi menurut Ketua Forum Tempe Indonesia Sekretaris Jend Perhimpunan Ahli Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Prof. Dr. Made disarankan tidak makan tempe mentah karena tingkat sanitasi yang yang tidak bagus tapi kalau kita yakin dengan tingkat sanitasi pembuatannya kita diperbolehkan untuk memakan tempe mentah,
tempe juga bisa mengobati tipes.

Kalau ragi yang dimasukkan kurang jamurnya akan tumbuh dan akan terlihat tidak sedap.

Tempe yang terbaik bernama tempe malang, tempe malang kelihatan lebih putih dan lebih bersih dan sedikit lebih dinggin daripada tempe yang biasa, tempe malang hanya dibuat di malang, tempe itu juga didiamkan ditempat yang lembab.

Di Australia harga 1 potong tempe yang kecil bisa mencapai harga Rp.50,000.00 kalau di Indonesia tempe hanya seharga kira-kira Rp.6000.00

Sebagian besar makanan tradisional berbahan baku kedelai berasal dari Cina dan Jepang ,Tapi Indonesia memiliki makanan berbahan baku kedelai bernama Tempe yang telah berkembang berabad-abad lalu .

Tidak jelas kapan pembuatan Tempe di mulai masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta. Mereka telah mengenal tempe sejak abad ke 16, salah satu bukti peradapaan tempe ada dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19). Telah ditemukan kata “tempe”, misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan.

Dalam catatan sejarah yang tersedia lainnya menunjukkan bahwa mungkin pada mulanya tempe diproduksi dari kedelai hitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa—mungkin dikembangkan di daerah Mataram, Jawa Tengah, dan berkembang sebelum abad ke-16.

Di Indonesia ada wadah untuk pengusaha tempe dan tahu namanya Primkopti (Primer Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia) didirikan sejak tahun 1979, keanggotannya tersebar di berbagai kota di indonesia, di jakarta timur sendiri keanggotannya mencapai kurang lebih 500 industri rumahan tahu tempe, untuk tempe ada 300, Primkopti juga menyediakan bahan dasar pembuatan tempe yaitu kacang kedelai, dengan kisaran harga RP 6700,00 sampai RP7000,00 tergantung jenisnya, harga kedelai juga bergantung dengan nilai mata uang rupiah terhadap dollar Amerika, karena kedelai yang digunakan adalah kedelai yang diimpor dari Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.