Tugas eksplorasi 09

Untuk tantangan eksplorasi kali ini saya ditugaskan untuk pergi ke festival desa di ragunan tapi karena saya tidak bisa ikut kak Shanty memberikan alternatif untuk membuat tulisan tentang aktivis pangan.

Bapak Ras Firman A S, sejak 15 tahun yang lalu tinggal di kaki gunung gede bersama istrinya. beliau memiliki tanah yang laus dan memanfaatkan tanahnya itu menjadi kebun dan lahan pertanian.

Dalam usianya yang 75 tahun, beliau menanam banyak tanaman seperti jambu biji, jambu jamaika, kangkung, cabe, tomat, sirsak, jagung, alpukat, sayur-sayuran dan aneka bumbu dapur, menurut beliau setiap lahan yang bisa ditanami sebaiknya dimanfaatkan. Yang istimewa  beliau sering membagikan bibit tanaman buah-buahan dengan gratis kepada siapa saya yang membutuhkan, salah satu dari bibit jambu jamaikanya sudah sampai ketanah Papua. Buah-buah dan sayur mayurnya pun juga ikut dibagikan. Banyak warga yang tertolong dengan aksi ini.

Selain tanaman-tanaman diatas, pak Firman juga menanam padi, yang menariknya hasil panennya tidak dijual, melainkan beliau membagikan beras itu untuk seluruh keluarga dan untuk warga sekitar yang membutuhkan, kebetulan Pak Firman tinggal di desa yang penduduknya kebanyakan kurang mampu. yang menariknya lagi beliau tidak membayar para pekerja dengan uang, melainkan dengan hasil panen.

277847_4358061152373_2096993091_o

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.